Minggu, 17 Maret 2013

UAM Penelitian




Kata pengantar
Alahamdulilah. Atas izin allah saya telah selesai membuat sebuah penelitian di bidang perkantoran, tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besar nya kepada orang tua saya yang telah mendukung saya sehingga saya bias menyelesaikan sebuah catatan penelitian.
            Mengacu pada mata pelajaran metodologi penelitian saya harapkan agar tulisan saya dapat berguna bagi saudara/i atau pun bagi peserta akademik setelah saya dapat memanfaatkan nya. Selain itu saya berharap tulisan/hasil penelitian dapat memotivasi semua peserta akademik di mana pun dan sampai kapan pun.
            Saya menyadari bahwa tulisan saya masih jauh dari kata sempurna. Seperti pada pepatah tak ada gading yang tak retak. Untuk itu saya mohon maklum bila dalam tulisan saya masih banyak kesalahan/ banyak yang tidak paham. Oleh karena kita dapat mendiskusikan semua yang ada di dalam tulisan saya ini sebagai sarana untuk penyempurnaan nya.
            Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua warga yang telah mendukung saya dalam menyelesaikan sebuah tulisan berbasis penelitian di bidang kearsipan.


































       PENELITIAN PENGELOLAAN ARSIP
KAP 1
GANESHA PRATAMA SUMEDANG
ANI KANIA
PROSEDUR PENGELOAAN PENYIMPANAN SURAT DAN KEARSIPAN
(3 TABEL+2LAMPIRAN)
            Tujuan dari penelitian ini adalah saya ingin mengetahui system/prosedur penyimpanan surat dan kearsipan di Rw. 08 Dusun Sarimekar, Desa Sarimekar, Kec.Jatinunggal, Kab.Sumrdang. Penelitian ini saya lakukan dengan metode survey atau pendekatan kepada sebagian pengurus atau pejabat di kantor desa desa sarimekar sebagai nasarasumber utama dalam penelitian ini, untuk sample saya melihan beberapa tempat penyimpanan surat surat penting atau yang sering di sebut arsip


































BAB I
  PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang masalah.
Masalah surat dan kearsipan merupakan satu dari banyak item terpenting dalam kelansungan perkantoran tersebut. Arsip dan kantor memang sangat erat hubungan nya bisa di bayangkan jika dalam sebuah perkantoran tidak memiliki system kearsipan yang tertata maka dapat di lihat perkerjaan kantor tersebut akan semrawut.
1.2  Rumusan masalah.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka rumusan masalah dari penilitian tersebut adalah.
1.2.1       Bagaimana supaya prosedur pelaksanaan pengeloaan penyimpanan surat dan kearsipan berjalan dengan baik.
1.3  Tujuan penelitian.
1.3.1        Untuk mengetahui prosedur penyimpanan surat dan kearsipan
1.4  Manfaat penelitian.
1.4.1. Di harapkan bisa jadi bahan bacaan untuk peserta akademik yang akan datang
1.4.2. Agar menjadi bahan bacaan yang positive bagi warga
1.5 Metode penelitian.
1.5.1 Penelitian ini menggunakan metode survey dan pendekatan kepada narasumber
1.6 Hasil yang diharapkan.
1.6.1. saya berharap hasil dari penelitian saya dapat berguna bagi seluruh masyarakat
1.7. Jadwal/waktu penelitian.
1.7.1 . penelitian ini berlangsung dari tanggal 15-17 maret 2013
























BAB II
          TINJAUAN PUSTAKA.
Keadaan kantor sangat berpengaruh bagi setiap karyawan dari kantor tersebut. Karena itu setiap kantor harus di bekali dengan keadaan kondusip pada kantor tersebut, dan untuk penyimpanan arsip arsip sendiri di butuhkan metode-metode yang tepat untuk penunjang nya, diantara nya setiap kantor pemerintahan dan badan usaha wajib memliki rak arsip, filling cabinet, sekat, guide dan banyak lagi.
2.1.1 Penyimpanan arsip
Arsip adalah salah satu elemen terpenting dalam sebuah perkantoran. Maka dari itu settiap kantor harus/wajib memiliki arsip karenaa arsip itu sangat erat hubungan dengan kantor, arsip itu bisa berupa surat surat penting.
2.1.2 Jenis-jenis arsip
Sejauh ini arsip dapat di bedakan menjadi 2 yaitu.
a.      Arsip dinamis: Arsip yang masih di pergunakan secara langsung dalam perencanaan,pelaksanaan, dan atau penyelengaraan administrasi perkantoran.
b.  Arsip stasis: Arsip yang sudah di pergunakan lagi secara langsung dalam     perencanaan,pelaksanaan dan atau penyelenggaraan administrasi perkantoran.
2.1.3 Syarat-syarat penyimpanan arsip.
v  Arsip harus di simpan di tempat yang rahasia
v  Tempat penyimpanan arsi harus tertutup rapat
v  Hanya petugas dan pimpinan lah yang menyimpan kunci tempat arsip di simpan.
v  Tempat penyimpanan harus berbahan bagus agar terhindar dari gejala alam dan lainya
2.1.4 Tujuan penyimpanan arsip.
Tujuan dari penyimpan arsi adalah untuk menyimpan surat-surat penting agar terhindar dari kehilangan kerusakan dan lainya.





















BAB III
KERANGKA KONSEP
3.1 Dasar pemikiran pariabel yang di teliti
Dalam pemikiran yang berwawasan kantor, penyimpan dan pengelolaan  kearsipan, Arsip dan penyimpanan nya menjadi sangat dominan di setiap perkantoran. Dengan demikian maka harus di ketahui bawa prosedur penyimpan arsip adalah hal yang sangat penting bagi setiap kantor, maka dari setiap petugas harus mampu memperlihat kinerjanya untuk menjaga dan mengkontrol setiap arsip, jika ada arsip yang rusak atau hilang maka harus cepat mengkonfirmasi kepada pimpinan agar masalah tersebut cepat selesai.
Pada penelitian ini pariabel yang di teliti adalah:
Prosedur pengelolaan,penyimpanan surat dan kearsipan
Prosedur penyimpanan arsi sangat penting dalamsebuah kantor. Karena arsip tersebut dapat di jadikan bahan jaminan dan bisa menjadi alat bukti kepemilikan.
3.1.1 Pola pikir pada parable yang di teliti
Prosedur pengelolaan penyimpanan surat dan kearsipan.































BAB IV
        METODE PENELITIAN
4.1 Jenis penelitian
Dalam penelitian ini saya mengunakan cara survey dan melakukan pembicaraan kepada karyawan kantor desa Dayeuh luhur, untuk mengetaui bagai mana prodedur penyimpan¸pengelolaan surat dan kearsipan, dan data hasil dari penelitian  di gambarkan sesuai dengan apa yang di ingin kan.
4.2 Metode penelitian
Metode yang di gunakan dalam penelitian adalan melakukan survey dan pembicaraan kepada sebagian karyawan kantor desa dayeuh luhur
4.3 Lokasi penelitian.
Penelitian di lakukan di kantor desa Dayeuh luhur, kecamatan Ganeas , kabupaten sumedang, jawa barat, Indonesia
4.4 Waktu penelitian
Waktu penelitian berlangsung dari tanggal 9 maret s/d 11 maret.
4.5 Populasi dan sampel
4.5.1 Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian dari karyawan kantor desa dayeuh luhur
4.5.2 Sampel.
Sampel dari penelitian ini adalah melihat beberapa tempat penyimpanan arsip.
4.6 Pengumpulan data
Data yang di kumpulan merupakan data yang sangat nyata dan di pereoleh dengan cara melakukan survey dan obrolan kecil pada sebagian karyawan kantor desa
4.7 pengolahan data
Data yang sudah di dapat kemudian di olah dengan menggunakan computer microsof office word(table) sehingga dapat di mengerti oleh setiap kalangan


















BAB V
    GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN
5.1 Letak geografis

RW08 berada di desa Sarimekar, kecamatan Jatinunggal, ada pun batas  wilayah RW08 Desa Sarimekar
Di sebelah selatan beratasan dengan desa Jatigede
Di sebelah utara berbatasan dengan desa Pasirpadang
Di sebelah timur berbatasan dengan desa Tarikolot
Di sebelah barat berbatasan dengan desa Cipendeuy
Ada pun luas wilayah RW 08 adalah 251,3 m2 dengan jumlah rumah 195 rumah . RW 08 terdiri dari 2 RT yaitu
RT 0I Kampung Atas
RT 02 Kampung Bawah
5.2 Tingkat pendidikan karyawan kantor desa SARIMEKAR
Tingkat pendidikan karyawan kantor desa Sarimekar bisa di katakana lumayan bervariasi. Ada  yang jenjang pendidikan mencai sarjana, lulusan SMA, lulusan SMP. Hinggan kini karyawan di kantor desa sarimekar lulusan SMA lebih mendominasi.




























BAB VI
                                   HASIL PENELITIAN
6.1 Identipikasi responden
 Dari hasil penelitian berdasarkan jenis kelamin dan jabatan
6.1.1 Jenis kelamin
Jenis kelamin
jumlah
persen
Laki-laki
3 orang
35℅
Perempuan
1 orang
65℅
jumlah
4 orang
100℅

Dari data tersebut responden laki-laki lebih mendominasi.
6.1.2 Jabatan
Jabatan
jumlah
persen
Sekertaris desa
5 orang
25℅
Ketua RW
1 orang
20℅
KAUR UMUM
1 orang
25℅
Kabid surat.
1 orang
30℅
jumlah
8 0rang
100℅
 Dari data di atas kaur umum dan ketua RW lebih mendominasi memberikan keterangan
6.1 Tempat penyimpanan arsip
Tempat
Jumlah
Persen
Filling cabinet
1 buah
20℅
 Rak arsip
3 buah
60℅
 Lemari arsip
1 buah
20℅
Jumlah
4 buah
100℅

Dari data di atas sudah bisa di lihat bahwa tempat penyimpanan arsip di kantor desa Dayeuh luhur sudah lumayan memenuhi criteria untuk ukuran sebuah pedesaan.


















BAB VII
      PEMBAHASAN

7.1 Identipikasi responden
Jumlah responden yang mengikuti obrolan bersama saya adalah berjumlah 4 orang dimana responden laki-laki lebih mendominasi dan dengan jabatan kaur umum dan ketua rw lebih mendominasi.
7.2 Prosedur pengelolaan penyimpanan surat dan kearsipan.
Berdasarkan data yang di peroleh dari karyawan kantor desa sarimekar, Mayoritas arsip sudah di simpan di tempat nya masing masing. Menurut penelitian saya bahwa desa sarimekar sudah memenuhi standard untuk bidang tempat menyimpan surat dan kearsipan.



































BAB VIII
        KESIMPULAN DAN SARAN
8.1 Kesimpulan
Dari data di atas dapat di simpulkan bahwa.
v  Kantor desa Sarimekar sudah memenuhi standard prosedur penyimpanan arsip


8.2 Saran
Saran saya adalah untuk setiap karyawan dari kantor Desa Sarimekar untuk menjaga melindungi dan memperbaiki tempat- tempat penyimpanan arsip karena arsip merupakan asset yang sangat pital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar